Beragam cara dilakukan sebagian pemilik mobil harian, untuk membuat mesin kendaraan menjadi lebih bertenaga. Umumnya, mesin mobil bawaan pabrikan kurang bertenaga untuk digunakan sehari-hari.
Tidak dipungkiri, pabrikan sebenarnya juga telah mengeluarkan jenis mobil dengan mesin yang bertenaga besar seperti jenis mobil sport, namun karena harganya mahal membuat sebagian pemilik mobil mulai berinisiatif memodifikasi ulang kendaraanya.
Untuk modifikasi ekstrem, kata dia, bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti seperti menambahkan turbo, memapas silinder head, mengganti injector flow besar, memasang piggybag, menghaluskan intake sampai mengganti sistem knalpot. "Tenaga yang dihasilkan beda-beda, dari modifikasi tiap komponen,
Mengganti knalpot kendaraan roda empat umumnya hanya bisa menambah tenaga mesin menja,di 2-4 horsepower (hp). Sedangkan memasang turbo bisa mencapai puluhan horsepower. Apalagi, apabila memasang piggyback.
"Piggyback bisa memanipulasi data yang ada dalam ECU, sehingga data yang masuk ke dalam ECU dapat sesuai dengan pemilik mobil,
Biaya modifikasi mesin mobil ekstrem itu. "Tergantung komponen yang diganti, misalnya pasang piggybag bisa sekitar Rp8 juta. Kalau pasang turbo lebih mahal, bisa kena biaya Rp30 juta lebih, beda-beda harganya,
Konsumsi bahan bakar pada mesin yang sudah dimodifikasi tidak jauh beda, karena memang di atur untuk pemakaian sehari-hari. "Bagi yang suka sama tenaga mobil yang besar, tetapi mobil dipakai sehari-hari ini jadi pilihan buat mereka, karena bahan bakarnya tidak beda jauh kok,
EmoticonEmoticon